Tempat yang wajib dikunjungi saat liburan keluarga di Bogor

Kota Bogor sebagai kota yang dijuluki Kota hujan ternyata memiliki beberapa tempat menarik yang sering dikunjungi oleh warga dari luar Bogor dan wajib dikunjungi oleh calon pengunjung. Saat ini, Kota Bogor menjadi tempat pilihan warga kota lain disekitarnya untuk menghabiskan akhir pekan. Jalanan di Kota Bogor akan sangat ramai akibat banyaknya wisatawan yang berkunjung ke kota Bogor. Maka tidak tidak heran jika setiap akhir pekan kemacetan di Kota Bogor tidak dapat dihindari.

Untuk berwisata ke kota Bogor tidak perlu khawatir karena akses menuju tempat wisata di Kota Bogor sudah mudah dan gampang. Penginapan juga mudah dicari sesuai kebutuhan dan keinginan. Berikut adalah beberapa tempat menarik di Kota Bogor yang selalu ramai dikungjungi wisatawan

  1. Kebun Raya Bogor
DCF compatable JPEG Img
doc. K

Kebun Raya Bogor (KRB) terletak di pusat Kota Bogor. Akses menuju lokasi terbilang cukup mudah karena dekat dengan gerbang tol Jagorawi. Di KRB ada berbagai jenis pohon dan tumbuhan dari berbagai wilayah di dunia. Di KRB anda bisa jalan-jalan sambil menikmati udara segar.

KRB selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik setiap hari kerja maupun hari libur. KRB menjadi tempat favorit karena lokasinya yang dekat dan suasananya yang asri dan segar. Pengunjung dapat bersantai bersama keluarga didalam KRB. KRB cocok untuk liburan bersama keluarga.

Selain tempat bersantai, KRB juga menjadi sarana edukasi untuk pengunjung karena disini terdapat jenis-jenis tumbuhan yang tidak ada dilingkungan sekitar perkotaan.

  1. Museum Zoologi

MuseumZoologi

doc. KRB

Museum Zoologi merupakan unit dari bidang Zoologi, Puslit Biologi, LIPI yang mempunyai tugas memperkenalkan keanekaragaman fauna nusantara dalam bentuk awetan binatang dan replika, dengan harapan pengunjung dapat lebih mengenal kekayaan fauna nusantara, dan untuk meningkatkan kepedulian dan kecintaan generasi muda akan fauna nusantara, serta menunjang usaha pelestariannya (Museum Indonesia 2009).

Museum Zoologi adalah sebuah museum tempat penyimpanan jasad-jasad renik hewan. Lokasinya masih berada di kawasan Kebun Raya Bogor. Jadi sebelum masuk ke dalam KRB, anda bisa mampir kedalam Museum Zoologi. Museum ini juga ramai setiap hari karena sering dijadikan tempat untuk sarana pendidikan untuk mempelajari keanekaragaman, perilaku, ekosistem, dan daya guna fauna nusantara.

Koleksi yang ada di Museum ini terdiri dari mamalia, ikan, burung, reptile, amfibi, moluska, serangga, dan invertebrata lain.

  1. Situ Gede

Situ Gede adalah sebuah danau kecil yang terletak di Kelurahan Situ gede, Bogor Barat. Situ Gede menyajikan suasana alam yang segar dan dapat menyegarkan pikiran. Kegiatan yang dapat dilakukan di Situ Gede diantaranya adalah memancing dan naik perahu. Tempat ini merupakan tempat rekreasi favorit untuk warga sekitar.

  1. Kampung Budaya Sindang Barang

Sindangbarang-702x336

doc. Kampung Sindang Barang

Kampung Budaya ini terletak di Jl. Endang Sumawijaya, RT. 02 / RW. 08, Sindang Barang, Dukuh Menteng, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor.

Potensi wisata di kampong budaya ini adalah wisata budaya dan wisata sejarah. Wisata budaya diantaranya adalah Upacara Sereh Taun untuk mengungkap rasa syukur atas panen yang diperoleh masyarakat. Upacara adat ini hanya dilakukan pada bulan Muharam, jadi kalau anda ingin menyaksikannya pastikan dulu waktu yang tepat untuk berkunjung. Wisata sejarah di kampung ini diantaranya adalah anda bisa mendengarkan cerita tentang kerajaan Pajajaran berdasarkan naskah kuno Pantun Bogor. Di Kampung ini juga anda dapat mengunjungi situs purbakala punden berundak peninggalan kerajaan Pajajaran.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: