Tips: Traveling Sendirian dengan Aman dan Nyaman

Jalan-jalan sendirian bagi sebagian orang merupakan hal biasa yang menyenangkan. Solo traveling memberikan pengalaman dan keseruan yang unik karena cuma kamu yang merasakannya sendiri.

Kalau jalan-jalan sendiri kamu bisa pilih tempat mana yang akan kamu kunjungi tanpa harus memikirkan orang lain. Kamu bisa bebas traveling kemanapun sesuka hati asal tetap bertanggung jawab. Dalam solo traveling, penting bagi kamu untuk tetap waspada dan hati-hati karena kamu berada ditempat asing. Nah supaya perjalananmu lebih aman dan nyaman, simak tips berikut ini ya..

  1. Tentukan tempat tujuan liburanmu dan browsing tempat yang akan kamu kunjungi

Hal ini penting banget karena kamu enggak bisa pergi dengan otak kosong alias gak tahu apa-apa. Minimal kamu harus tahu bagaimana cara ke lokasi tujuanmu, harga transportasi dan jam operasionalnya, akomodasi dan harga tiket tempat wisata. Jangan sampai kamu tertipu hanya karena kamu tidak tahu apa-apa mengenai tempat yang akan kamu kunjungi.

Kamu juga bisa bertanya pengalaman atau tips pada orang-orang yang pernah berkunjung ke lokasi tujuanmu lewat media sosial atau forum. Biasanya mereka akan senang membantumu, dan tentu saja informasimu akan semakin kaya.

Karena teknologi sudah maju, kamu dapat memanfaatkan aplikasi peta yang ada.

  1. Buat Rencana Perjalanan

Lebih bagus kalau kamu menuliskan rencana perjalananmu dan informasi penting pada sebuah buku supaya tidak ada yang terlupa. Kamu buat jadwal dan daftar tempat wisata yang mau kamu kunjungi. Kamu juga bisa menghitung perkiraan berapa pengeluaranmu selama perjalanan. Membuat rencana perjalanan termasuk hal yang penting kalau kamu pergi sendirian karena kamu tidak bisa mengandalkan orang lain untuk perjalananmu kali ini.

Meskipun kamu sudah merencanakan perjalananmu dengan matang, biasanya ada hal-hal yang tidak terduga yang mungkin kamu hadapi. Kamu tidak usah cemas dan harus tetap positive thinking apapun yang terjadi nanti.

Dan, jangan lupa untuk mencatat nomer-nomer penting seperti keluarga dan teman.

  1. Gunakan pakaian yang nyaman dan tidak mencolok

Ini penting supaya kamu bisa bergerak bebas dengan cepat dan jika terjadi hal-hal menegangkang kamu bisa menyelamatkan diri dengan mudah. Sesuaikan pakaianmu dengan lokasi tujuan. Janganlah kamu menggunakan pakaian yang mengundang perhatian orang dan yang membuat aktivitasmu terbatas. Ingat, kamu pergi sendirian….

  1. Pergi pada siang hari

Kejahatan memang bisa terjadi kapan saja, tapi lebih baik kamu mencegahnya sebelum kamu tersesat dan tidak tahu jalan pulang ketika matahari sudah terbenam. Jika kamu terpaksa untuk keluar dimalam hari, tetap waspada dan bawalah alat yang yang bisa membantu kamu membela diri kalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Alangkah lebih baik kalau kamu berpergian saat siang hari karena transportasi akan lebih mudah.

  1. Bertingkah seperti biasanya

Usahakan untuk terlihat seperti pengunjung biasa. jangan membuka peta ditengah jalan. Kalau memang kamu harus bertanya, ya Tanya saja

  1. Jangan tunjukkan barang-barang berharga

Kamu harus tetap berhatihati dimanapun kamu berada. Simpan semuanya dalam tas tertutup.

  1. Jangan simpan uang dan dokumen penting dalam satu tempat

Untuk mengindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti dompetmu dicopet, lebih baik kamu sisipkan uang pada tempat-tempat tersembunyi. Jadi jika terjadi sesuatu, kamu masih punya simpanan tersembunyi.

  1. Beritahu orang rumah

Ini penting. Beritahu rencana perjalananmu dan minta izin. Tetap jaga komunikasimu dengan teman atau keluarga, jadi mereka tahu kemana harus mencarimu kalau ada hal-hal yang tidak terduga.

 

Traveling sendirian juga bisa dijadikan alternative ketika kamu menginginkan waktu untuk dirimu sendiri. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri kalau kamu masih ingin belajar, coba rencanakan perjalanan terdekat ke kota di sebelah kota tempat tinggalmu. Mungkin ada tempat menarik yang belum pernah kamu kunjungi.. 🙂

Setelah jalan-jalan, jangan lupa tulis keseruan perjalananmu di jurnal ya! 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: