Tips: Folderisasi

Folderisasi adalah kegiatan menyusun file berdasarkan kategori yang kronologis agar file tersebut mudah ditemukan dan dicari oleh baik kita sendiri maupun orang lain. Mengapa perlu dilakukan folderisasi? Asumsikan kamu memiliki banyak file-file dengan jenis, tipe, dan kronologis yang berbeda. Akan lebih mudah mencarinya jika kamu mengkategorikan file tersebut di dalam folder tersendiri bukan?

  1. Susun file berdasarkan jenis kepentingan. File seperti copy sertifikat tidak mungkin disatukan dengan nota belanja bukan?
  2. Susun file secara kronologis berdasarkan tanggal. Setelah kita tau kategori file apa yang kita cari, tentu kita akan mengingat “kapan” file tersebut ada atau dibuat

Kedua point diatas cukup untuk melakukan folderisasi tahap awal. Yang selanjutnya dapat kita lakukan adalah merapikan file-file kita berdasarkan sub-tema yang kita dapat tentukan sendiri.

Yang terpenting dalam melakukan folderisasi adalah: konsistensi. Kamu perlu merapikan file-filemu hampir setiap saat, atau setidaknya satu minggu sekali jika lalu-lintas file masuk dan keluar sangat banyak.

Pengalaman pribadi penulis. Cheers 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: