Travel: Sekilas perjalanan ke Pulau Tidung

Pernah membayangkan liburan singkat ke luar pulau Jawa tapi tidak jauh-jauh dari Bogor dan Jakarta?

Kepulauan Seribu adalah salah satu jawabannya.

Kepulauan Seribu terletak di antara Laut jawa dan teluk Jakarta yang terdiri dari gugusan pulau-pulau terumbu karang yang terbentuk dan dibentuk oleh biota koral dan biota asosiasinya (algae, malusho, foraminifera dll) dengan bantuan proses dinamika alam (Jakarta.go.id).

Pulau Tidung merupakan merupakan salah satu pulau kecil di gugusan Kepulauan Seribu di Laut Jawa. Untuk menuju Pulau tidung hanya ada satu cara menuju kesana yaitu dengan naik kapal laut. Pertama kita harus pergi dulu ke pelabuhan, dan salah satu pelabuhan terdekat adalah di Muara Angke. Saat ini ada dua dermaga di Muara Angke yaitu dermaga Kali Adem dan dermaga pelelangan ikan. Biaya untuk naik kapal ke Pulau tidung berkisar Rp 30.000 – Rp 50.000,- dan kapal berangkat sekitar pukul 7.30 – 8.00 pagi dengan waktu tempuh 3jam. Jika anda ketinggalan kapal di muara angke, maka anda harus menunggu hingga esok hari karena kapal hanya berangkat sekali dalam satu hari.

Untuk penginapan di Pulau Tidung berkisar antara Rp 150.000 – Rp 400.000/malam. Di Pulau Tidung tersedia banyak penginapan dengan kapasitas, fasilitas, dan harga sewa yang bervariasi. Jika anda tidak mau repot untuk urusan transportasi dan akomodasi maka anda bisa mencari paket-paket wisata Pulau Tidung yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anda.

Salah satu objek terkenal di Pulau Tidung adalah jembatan cinta. Jembatan ini adalah penghubung antara Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung kecil. Di Jembatan ini pengunjung biasa menghabiskan waktu untuk berfoto maupun melihat panorama laut yang terbentang didepan mata.

t1
Pemandangan laut dari atas jembatan (cr. Yr)

Kegiatan lain yang dapat dilakukan di Pulau tidung diantaranya adalah snorkeling, berenang, menikmati pantai sepeti banana boat, cannoing, jetski, dan permainan lainnya.

t2
Sunset Pulau Tidung (Cr. Yr)

Pulau Tidung adalah salah satu pulau yang cocok untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Anda tidak perlu berpikir terlalu panjang untuk berlibur kesini. Dengan waktu singkat anda sudah bisa menikmati indahnya laut dan udara pantai yang asin. Semua hal sudah tersedia disini mulai dari tempat makan dan penginapan. Anda hanya perlu bergerak dan menyiapkan diri  untuk menuju ke pelabuhan Muara Angke!

Jadi, Selamat Liburan di Pulau Tidung!

-K

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: